Berita

Asrama Embarkasi Haji Indramayu Rencana Rampung Tiga Bulan ke Depan

Congue iure curabitur incididunt consequat
Dalam rangka mendukung kesehatan jemaah haji agar dapat menunaikan ibadah sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam, perlu dilaksanakan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan jemaah haji melalui penyelenggaraan kesehatan haji  sebagaimana tertuang dalam Permenkes 62 Tahun 2016 mengenai Penyelenggaraan Kesehatan Haji. 

Penyelenggaraan kesehatan haji adalah rangkaian kegiatan yang meliputi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kesehatan dalam penyelenggaraan ibadah haji.
Salah satu bentuk dari perlindungan kesehatan haji ini adalah penyelenggaraan kesehatan lingkungan.

“Pada tahap pertama ini akan dilaksanakan inspeksi kesehatan lingkungan sebelum jemaah haji masuk ke asrama haji. Inspeksi kesehatan lingkungan ini akan menilai kondisi lingkungan, kualitas dan kuantitas air, pengelolaan limbah dan pengendalian vektor serta penyediaan pangan yang hygienes bagi jemaah haji,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana di Asrama Embarkasi Haji, Kabupaten Indramayu, Selasa (24/1/2023).

Selanjutnya ia mengatakan, kegiatan ini adalah sebagai upaya dalam rangka memberikan perlindungan pada jemaah haji agar selama di asrama haji ini tetap sehat tidak terkena penyakit berbasis lingkungan.

“Adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan perbaikan kepada pengelola asrama haji agar dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan pada tamu tamu Allah,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi salah  satu bentuk kolaborasi kita semua dalam mendukung penyelenggaraan haji di Provinsi Jawa Barat.

Asrama embarkasi haji ini masih dalam tahap penyelesaian dan direncanakan rampung tiga bulan ke depan untuk selanjutnya dipakai calon Jemaah pada musim haji tahun ini.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan

Provinsi Jawa Barat

dr. R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K)., M.Kes., MMRS

Berita Lain

Close
Close