Berita

Jabar Luncurkan Buku Pandemi COVID-19

Congue iure curabitur incididunt consequat

KAB. BANDUNG BARAT -- Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat meluncurkan buku soal pandemi COVID-19 dengan tajuk "550 Hari Bersama COVID-19: Seusai Gelombang Terbitlah Landai" dalam Forum Perangkat Daerah Dinkes Jabar di Mason Pine Hotel, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (15/2/2022).

Kepala Dinkes Jawa Barat Nina Susana Dewi menuturkan, buku tersebut berisi informasi dan cerita soal penanganan pandemi COVID-19 sejak diumumkan masuk ke Indonesia. Mulai dari kebijakan, penguatan promotif dan preventif, protokol kesehatan, peran serta masyarakat, sampai 3T (testing, tracing, treatment).

"Dukungan manajemen puskesmas dan peran jejaring puskesmas juga dituangkan dalam buku. Termasuk bagaimana terjadinya krisis oksigen di rumah sakit dan penguatan kesiapan Laboratorium Kesehatan untuk pemeriksaan COVID-19," ucap Nina.

Selain berisi informasi mengenai upaya-upaya penanganan COVID-19, kata Nina, buku tersebut memuat suara hati para pejuang kesehatan dalam melayani masyarakat terdampak COVID-19.

"Dari kebijakan hingga pelaksaan dalam upaya pencegahan COVID-19. Yang diawali dari perencanaan, pelaksanaan, sampai monitoring serta evaluasi. Itu menjadi bukti bahwa kerja sama dan kekompakan menjadi salah satu kunci keberhasilan," tuturnya.

"Yang insyaallah ke depannya akan menjadi jendela ilmu untuk menambah rujukan para pengambil kebijakan dalam menghadapi pandemi lainnya yang mungkin timbul. Testimoni tenaga medis dan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan pemberi layanan kesehatan menjadikan buku ini semakin lengkap," imbuhnya.

Nina juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama pejuang kesehatan, yang berkontribusi besar menghadirkan buku "550 Hari Bersama COVID-19: Seusai Gelombang Terbitlah Landai."

"Semoga buku ini menjadi bukti bahwa kita pernah ada dalam satu perjuangan besar untuk menyelamatkan kehidupan bangsa yang kelak akan menjadi kenangan indah serta mewarnai khasanah pustaka di Jawa Barat," katanya.

Dalam Forum Perangkat Daerah Dinkes Jabar tersebut, Dinkes Jabar pun memberikan penghargaan kepada Dinkes Kabupaten/Kota, puskesmas, dan rumah sakit, yang memiliki kinerja terbaik dalam menangani permasalahan kesehatan di Jabar. Mulai dari pengobatan TBC, Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL), sampai pelayanan COVID-19.

HUMAS JABAR
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
Provinsi Jabar
Ika Mardiah

Berita Lain

Close
Close