Skip to content

Berita

Dinkes Jabar Canangkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Congue iure curabitur incididunt consequat
KOTA BANDUNG-- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Dinkes Jabar) mencanangkan Pelayanan Publik berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) secara simbolis melalui penandatanganan komitmen pada Senin (6/5).

Dinkes Jabar menegaskan komitmen dalam memastikan bahwa setiap warga mendapatkan pelayanan kesehatan yang setara, adil, dan berdasarkan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia (HAM). Langkah ini diambil sebagai upaya nyata dalam memperkuat dan melindungi hak-hak kesehatan masyarakat di Jawa Barat.

P2HAM merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip HAM. Program ini mencakup berbagai aspek, termasuk pelayanan kesehatan yang non-diskriminatif, partisipatif, dan menghormati hak-hak individu dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Dinkes Jabar berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih responsif, transparan, dan akuntabel kepada seluruh warga Jawa Barat.

Dalam pernyataannya, Kepala Dinkes Jabar dr. Vini Adiani Dewi menekankan pentingnya P2HAM sebagai landasan utama dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan bagi semua.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan prinsip-prinsip HAM sebagai pedoman utama dalam setiap langkah dan kebijakan kami dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Jawa Barat," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 8 RS UOBK dan UPTD di lingkungan Dinas Kesehatan 6 Rumah Sakit yaitu RS Jiwa, RSUD Al Ihsan, RS Paru Sidwangi, RSUD Jampang Kulon, RSUD Pemeungpeuk, RSUD Kesehatan kerja, dan 2 UPTD yaitu Upelkes Jabar dan Labkes Jabar. 

Pencanangan Program P2HAM oleh Dinkes Jabar merupakan langkah yang sangat positif dalam memastikan hak-hak kesehatan masyarakat di Jawa Barat diakui dan dilindungi sesuai dengan Permenkumham No. 25 Tahun 2023 tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia. 

Dengan komitmen yang kuat dan tindakan konkret, P2HAM diharapkan menjadi fondasi yang kokoh dalam membangun pelayanan publik berbasis HAM yang inklusif, adil, dan berkeadilan bagi semua warga.

Kepala Dinas Kesehatan
Provinsi Jawa Barat
Raden Vini Adiani Dewi

Berita Lain

Close
Close