Berita

Sebanyak 475 Peserta PIDI Angkatan IV Resmi Diberangkatkan

Congue iure curabitur incididunt consequat

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jawa Barat Nina Susana resmi memberangkatkan 475 peserta Program Internship Dokter Indonesia ((PIDI) Angkatan IV Periode November 2022 secara simbolis di Ballroom Hotel Ibis, Kota Bandung, Rabu (16/11/2022).

Penempatan PIDI angkatan IV periode November 2022 KIDI pusat telah menetapkan kebijakan dan implementasi penyelenggaraan PIDI.

“Pola penempatan untuk angkatan ini dilaksanakan selama 12 bulan terbagi menjadi 6 bulan di wahana rumah sakit, 6 bulan di wahana puskesmas dan tidak dilakukan rotasi antar puskesmas. Para peserta PIDI akan menjalankan tugasnya dan didayagunakan di 33 wahana penempatan PIDI yang ada di Jawa Barat,” kata Kadinkes Nina.

Program Internship Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di indonesia khususnya di bidang kesehatan. Internship menjadi harapan untuk perbaikan sistem kesehatan di Indonesia. Disamping untuk menjaga kualitas kompetensi dokter, program dokter internship juga diproyeksikan untuk meratakan distribusi tenaga dokter hingga daerah terpencil dan daerah bermasalah kesehatan.

 

Dokter internship merupakan suatu program sebelum mendapat surat tanda registrasi (STR) dari konsil kedokteran indonesia (KKI) bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi berbasis kompetensi. Tujuannya untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komperhensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik lapangan.


Dalam pemberangkatan peserta PIDI ini, Kadinkes memaparkan materi mengenai kebijakan Jawa Barat di sektor kesehatan dengan sub bahasan meliputi Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat, Kemitraan Bidang Kesehatan dalam Implementasi GERMAS, dan Pengendalian Obat dan Makanan serta Penanggulangan Covid-19 di Jawa Barat.

Terakhir, Kadinkes turut berterima kasih bagi semua pihak yang telah mendukung dan berkomitmen terhadap pelaksanaan PIDI Jawa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan

Provinsi Jawa Barat

R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K)., M.Kes., MMRS

Berita Lain

Close
Close