Tanggal : 17 Aug 2018

Bantu Traumatis Korban, Pemprov Jabar Kirim Tim Kesehatan Mental ke Lombok

Penulis : pojoksatu.id
Dibaca : 302 Kali

Print Friendly and PDF
Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan kembali mengirimkan bantuan bagi warga terdampak gempa 7 SR di Kab. Lombok Utara. Kali ini Pemprov mengirimkan Tim Kesehatan Jiwa dari RS Jiwa Pemprov Jabar sebanyak delapan orang.

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jawa Barat Dodo Suhendar menjelaskan, tim ini terdiri dari tiga orang dokter spesialis jiwa, satu orang dokter spesialis jiwa anak dan remaja, satu orang psikolog, satu orang perawat kesehatan jiwa, satu orang pekerja sosial dan satu orang administrator.“Tim akan bekerja empat hari, mulai hari ini, Kamis (16/8/18) sampai Minggu (19/8/18) dan bertugas di wilayah Kab. Lombok Utara,” jelasnya kepada Humas Jabar via pesan pendek dari Lombok, Kamis (16/8/18).

Dodo mengatakan tim akan fokus pada pemulihan kesehatan mental korban gempa, termasuk anak-anak. “Kejadian musibah ini sangat traumatis dan menelan banyak korban. Informasi dari posko bencana prov NTB sampai hari ini korban meninggal dunia 466 orang” jelasnya.

Menurut Dodo, dari menit ketibaan tim sudah mulai melakukan kunjungan dan penyaluran bantuan. “Kami telah mengunjungi RS Jiwa Mutiara Sukma Lombok, NTB. Bantuan obat-obatan telah disalurkan dan diterima Plt Kadiskes Prov NTB,” katanya.“Kami juga telah melakukan kunjungan ke Puskesmas Pemenang Lombok Utara yang rusak kena gempa. Di sana pelayanan kesehatan dilaksanakan di tenda darurat di halaman kantor kecamatan, bantuan juga kami salurkan,” tambahnya.

Dodo juga menjelaskan, pihaknya telah menyerahkan bantuan untuk korban bencana di Lombok dari karyawan Dinkes Prov Jabar sebesar Rp50 jt ditambah 2 ekor sapi untuk hewan qurban yang diterima oleh Staf Ahli Gubernur Prov NTB.

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang