Tanggal : 07 Sep 2016

PERSIAPAN BIDANG KESEHATAN DALAM RANGKA PON XIX DAN PEPARNAS XV TAHUN 2016

Penulis : developer
Dibaca : 1819 Kali

Print Friendly and PDF

Bandung, (07/09) - Dalam rangka persiapan dan pelaksanaan PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016 beberapa kegiatan telah dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat  dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kota yang terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada kegiatan tersebut.

Persiapan pelaksanaan PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016 yang telah dilaksanakan oleh bidang Kesehatan  meliputi kegiatan :

  1. Pelatihan  petugas yang akan melaksanakan pelayanan di bidang kesehatan yang meliputi pelatihan bagi para petugas doping, petugas Gizi dan Kesehatan Lingkungan petugas Sport Medicine, dan Orientasi Petugas Kesehatan yang ada di tempat  penginapan.
  2. Kerjasama dan MoU dengan Rumah sakit Rujukan untuk penanganan kesehatan para peserta PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016.
  3. Kerjasama dengan lembaga terkait dalam pelaksanaan kegiatan PON XIX dan PEPARNAS XV dalam bidang Kesehatan, yaitu dengan KESDAM III Siliwangi, BASARNAS dan PMI Jawa Barat.
  4. Rapat Koordinasi dengan Bidang-bidang di PB PON dan SUB PON bidang kesehatan dalam persiapan PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016.

Pelatihan para petugas mulai dilaksanakan pada bulan Juni Tahun 2016 dimulai dengan pelatihan para petugas Gizi Kesling yang dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 14 Juni 2016, pelatihan para petugas doping yang dilaksanakan pada tanggal 30 sampai dengan 1 Juli  2016, dilanjutkan dengan pelatihan petugas sport madicine  pada tanggal 14 sampai dengan 24 Agustus dan pelatihan orientasi tim medis yang dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus sampai dengan 2 September 2016.  Maksud dan tujuan pelatihan ini adalah untuk kesiapan para petugas saat memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Para narasumber dalam pelatihan ini adalah para ahli yang berasal dari organisasi pemerintah dan profesi yang ahli dibidangnya masing masing.

Kerjasama dan MoU dengan Rumah Sakit dilaksanakan untuk kesiapan penanganan lebih lanjut jika diperlukan baik untuk para atlet, official dan seluruh peserta PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016. Kerjasama dan penandatanganan MoU telah dilaksanakan dengan 35 Rumah Sakit.

Untuk lebih memperlancar pelayanan di bidang kesehatan terutama dalam prasarana kesehatan seperti ambulance dengan 4 roda penggerak, ambulance udara dan penambahan armada ambulance selain yang disediakan oleh Sub PB PON Bidang kesehatan, Bidang Kesehatan melaksanakan kerjasama dengan lembaga terkait seperti KESDAM III Siliwangi untuk ambulance dengan 4 roda penggerak beserta tim kesehatan dan tim teknis, BASARNAS untuk penyediaan ambulance udara lengkap dengan personilnya,  serta dengan PMI Jabar untuk penambahan armada ambulance yang akan ditempatkan disetiap Kabupaten Kota penyelenggaran PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016. 

Evaluasi Kesiapan PB PON Bidang Kesehatan dan Sub PB PON  Bidang Kesehatan pada pelaksanaan PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016 dilaksanakan pada Rapat Koordinasi yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus sampai dengan 25 Agustus 2016 yang berisikan paparan kesiapan 15 Sub PB PON Bidang Kesehatan dalam pelaksanaan PON XIX dan PEPARNAS XV Tahun 2016.



Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang