Tanggal : 12 Jul 2016

RSHS Siap Rawat Arya, Anak Penderita Obesitas

Penulis : tik
Dibaca : 1686 Kali

Print Friendly and PDF
Bandung, Senin (11/07/2016), Konferensi pers terhadap kasus obesitas yang di alami anak usia 10 tahun, Arya Permana oleh pihak RSUP dr. Hasan Sadikin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Bupati Karawang, Orang Tua Pasien yang berlangsung di Ruang Sidang Direktur Utama. Dalam pertemuannya membahas mengenai penanganan dan koordinasi terhadap kasus obesitas ini.  

Pasien anak, Arya Permana usia 10 tahun penderita obesitas asal Pasir Pining Desa, Cipurwasari, akan menjalani pengobatan di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung. Arya didampingi orang tua, Bupati Karawang, Direktur RSUD Karawang dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat berkunjung ke RSHS untuk mendapatkan perawatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar bersama Bupati Karawang langsung mendatangi RSHS Bandung dan diterima langsung Direktur RSHS untuk memberikan penanganan yang sesuai untuk Arya. Dalam pertemuannya Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat akan membantu memberikan fasilitas-fasilitas yang layak selama Arya menjalani perawatan dan memberikan pendampingan khusus untuk pertumbuhan Arya secara normal. 

Adapun soal pendidikan untuk Arya, pihak Pemkab dan Pemprov akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk memberikan fasilitas pendidikan yang layak. Selain itu ditempat yang sama, Bupati Karawang mengatakan pihaknya dengan dibantu Pemprov Jabar akan berupaya membantu Arya agar berat badannya bisa kembali normal dan kedepannya kewajiban bagi kami, pemda dan orang tua untuk pendampingan khusus.

Kasus kegemukan pada anak ini disebabkan adanya ketidakseimbangan energi makanan terhadap pemakaiannya. Anak usia 10 tahun berat badan idealnya maksimal mencapai 50 kg, melihat pada kasus ini berat badan anak yang mencapai 190 kg di nilai sangat berbahaya. Sebelumnya Arya memiliki kebiasaan makan sebanyak 4-5 kali sehari sebanyak 2 porsi dan ditambah dengan jajanan yang berlebihan. 

Tim penanganan pasien Arya di RSHS telah menganalisis kasus obesitas dari kesimpulan yang didapat Arya mengalami asupan kalori yang berlebih mencapai hingga 6.000 kalori per hari.  Untuk anak seusianya harusnya mengkonsumsi 2.000 kalori per hari. 

Penanganan yg akan dilakukan tim adalah mengatur program diet menurunkan berat badan, mencari penyebab dari kegemukannya dengan beberapa pemeriksaan, dan koordinasi keluarga untuk memprogram pola makan yang berlanjut untuk di rumah.


Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang