Tanggal : 19 Jan 2016

Alasan Non-Medis Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok

Penulis : developer
Dibaca : 3945 Kali

Print Friendly and PDF
Jika Anda seorang perokok, Anda kerap mendengar bahaya yang bisa ditimbulkan mulai dari bronkitis, asma, penyakit jantung, hingga kanker. Meski begitu, tetap saja ada perasaan yang membuat Anda tetap ingin mengambil satu batang rokok, untuk kali terakhir. Sayangnya, hal itu terus berulang dan resolusi untuk berhenti merokok pun tak pernah terwujud. Beda perokok, ceritanya nyaris sama.

Ternyata, merokok tidak hanya berdampak pada kesehatan. Sebuah kajian, dikutip dari Life Hack, Selasa (18/1), menyebutkan merokok dapat mempengaruhi hidup dalam berbagai hal. Berikut adalah 10 hal mengejutkan yang ikut terdampak kebiasaan merokok.

Produktivitas Kerja
Bertentangan dengan apa yang para perokok yakini, merokok tidak membantu seseorang menjadi lebih kreatif atau produktif. Kebanyakan perokok justru berusaha untuk mendapatkan jeda 15 menit kerja untuk merokok.  Hal itu pun membebani perusahaan hilangnya waktu bekerja karyawan.

Bahkan, merokok dapat menghambat fokus bekerja seseorang. Studi menunjukkan bahwa perokok juga lebih sering izin sakit. Kajian Ohio State University pada 2013 mengklaim bahwa setiap perokok membebani perusahaan sebesar 5.816 dolar (Rp 80,9 juta) per tahun.

Tabungan
Merokok adalah kebiasaan mahal. Silahkan hitung jumlah rokok yang dikonsumsi setiap hari dan hitung berapa biaya yang perlu dikeluarkan setiap tahunnya. Di AS, harga sebungkus rokok bervariasi di tiap negara bagian. Dengan asumsi sebungkus rokok seharga 10 dolar dan konsumsi 10 batang rokok per hari, maka dalam setahun biaya merokok sebesar 1.825 dolar (Rp 25,4 juta).

Karier
Ternyata sudah banyak perusahaan yang menolak merekrut karyawan perokok. Tren itu dimulai pada pertengahan 1980-an oleh perusahaan Alaska Airlines. Saat ini, banyak perusahaan yang menguji urin pelamar kerja untuk mengecek kadar nikotin. Hal ini pun tidak dianggap sebagai bentuk diskriminasi. Karena kebanyakan negara bagian di Amerika Serikat tidak melindungi perokok.

Pengalaman Liburan
Tidak semua restoran memberikan pemisahan zona perokok. Kebanyakan saat ini, restoran-restoran justru berusaha mendeklarasikan diri sebagai wilayah bebas asap rokok. Hal ini terutama jika anda melancong ke negara seperti Inggris, Prancis, dan Selandia Baru.

Citra
Merokok dapat membuat Anda kurang populer dibanding orang yang tidak merokok adalah hal yang benar. Tidak hanya itu, ternyata ada sebuah penelitian yang menggunakan binatang sebagai subjek eksperimen. Dokumen perusahaan tembakau Inggris pada 1970 mencatat penggunaan anjing untuk menghirup asap rokok.

Rumah

Diperkirakan ratusan juta dolar kerugian timbul akibat kebakaran karena rokok di Amerika Serikat. Menurut laporan NFPA pada 2013, Departemen Pemadam Kebakaran AS menanggapi 90 ribu kebakaran karena rokok pada 2011. Kejadian itu merenggut 540 jiwa warga sipil, 1640 korban cedera, dengan total kerugian mencapai 621 juta dolar AS (Rp 8,6 triliun).

Moral
Penjualan rokok secara online ternyata mengandung kejahatan. Penjualan rokok kepada anak di bawah umur menjadi marak di dunia jual beli online. Eksperimen yang dilakukan Jurnal Asosiasi Medis Amerika menunjukkan anak-anak sukses membeli rokok lewat internet. Dalam kajian tersebut, pedagang online menjual total 1650 bungkus rokok kepada anak-anak.

Dinding
Merokok akan meninggalkan noda di dinding rumah. Bayangkan apa jadinya karya seni yang dipajang dengan latar belakang seperti itu, tentu tidak bagus bukan? Noda-noda tersebut pun bukan hal yang mudah untuk dibersihkan.

Planet
Perkebunan tembakau adalah salah satu sumber penggundulan hutan. Pembakaran kayu, sebagai salah satu aspek penting pengolahan tembakau juga berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, tembakau juga bisa meninggalkan bau di pakaian dan membuat Anda perlu mencucinya dengan lebih kuat. Itu artinya, Anda perlu menggunakan lebih banyak air.

Suasana Hati
Berapa kali Anda diceramahi oleh kolega, teman, dan keluarga yang bukan perokok? Anda mungkin tak bisa menghitungnya. Apakah itu menyenangkan? Tentu tidak. Satu-satunya cara untuk menghentikan itu adalah dengan berhenti merokok.


Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang