Tanggal : 20 Nov 2015

Workshop Sistem Informasi Kesehatan : "Menuju Tatakelola dan Kelembagaan SIK yang Lebih Baik"

Penulis : developer
Dibaca : 3112 Kali

Print Friendly and PDF
Pertemuan Workshop SIK  yang terselenggara pada tanggal 17 -19 November  2015 di hotel Travello, Setiabudhi-Bandung  telah diikuti oleh 27 Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Pertemuan  membicarakan mengenai permasalahan  yang ditemukan dari  hasil monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan  pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2015 oleh Seksi Teknologi Informasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat pada 27  Dinas Kesehatan Kabupaten Kota di Jawa Barat. Materi yang dievaluasi antara lain mengenai, kelengkapan dan ketepatan pelaporan Dinkes Kab/Kota di Jawa Barat. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar diperoleh pemahaman dan kesepakatan dalam rangka penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan yang bermutu.  Pemahaman dan Kesepakan tersebut diutamakan pada terwujudnya kelengkapan dan ketepatan pelaporan data kesehatan, baik ditingkat Kabupaten/Kota maupun provinsi.
Urgensi Sistem Informasi Kesehatan dapat dilihat dari Manfaat Sistem Informasi Kesehatan dalam membantu para pengelola program kesehatan dan pengambil kebijakan di semua jenjang administrasi (kabupaten atau kota, provinsi dan pusat) diantaranya:

1.    Mendukung manajemen kesehatan
2.    Mengidentifikasi masalah dan kebutuhan
3.    Mengintervensi masalah kesehatan berdasarkan prioritas
4.    Pembuatan keputusan dan pengambilan kebijakan kesehatan berdasarkan bukti
       (evidence-based decision)
5.    Mengalokasikan sumber daya secara optimal
6.    Membantu peningkatan efektivitas dan efisiensi
7.    Membantu penilaian transparansi

Dalam Workshop SIK dipaparkan beberapa materi kebijakan mengenai SIK, meliputi Kebijakan dan Evaluasi SIK, Pemaparan Komunikasi Data, Kebijakan Anggaran Kesehatan, Kebijakan Sistem Informasi, dan Kebijakan Penerapan Aplikasi SIK. Kegiatan lainnya adalah diskusi panel mengenai rancangan kerangka kerja SIK Dinas Kesehatan Kab/Kota untuk tahun selanjutnya.
Dalam pertemuan ini menghasilkan kesepakatan sebagai bahan pembenahan SIK yaitu Memperkuat Sistem Informasi Kesehatan dengan membentuk kelembagaan dan tatakelola sistem pelaporan, Pembuatan masterplan dalam penguatan Sistem Informasi Kesehatan sampai dengan tahun 2019, Memanfaatkan sistem pencatatan dan pelaporan melalui SIK berbasis website Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Pelaksana program di Provinsi agar memfasilitasi para pelaksana program di Kabupaten/ Kota dalam memanfaatkan sistem pelaporan yang telah dibuat oleh Dinas Kesehatan Provinsi melalui http://diskes.jabarprov.go.id/, dan  diharapkan semua format tabel profil kesehatan dapat terupload.

Harapan dari terselengaranya pertemuan workshop SIK ini, terjadi perbaikan dalam tatakelola Sistem Informasi Kesehatan di masa depan sehingga mampu mewujudkan terlakasananya integarsi data dalam bidang kesehatan.


Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang