Tanggal : 12 Nov 2015

UPACARA PERINGATAN HKN KE 51 TAHUN 2015

Penulis : developer
Dibaca : 3453 Kali

Print Friendly and PDF

        Bandung 12 November 2015, Peringatan HKN ke-51 dengan tema Generasi Cinta Sehat, Siap Membangun Negeri, dipusatkan di halaman Gedung Sate Jalan Diponegoro No. 22 Bandung, dengan Pembina Upacara Sekda Provinsi Jawa Barat : H. Iwa Karniwa SE, Ak.MM.CA,  dan Pemimpin Upacara: Letkol Kes. Machali SPd. (RS Salamun).  Dalam rangkai upacara tersebut dr. Hj. Alma Lucyati, M.Kes. M.Si, MH. Kes. sebagai ketua panitia HKN ke-51 tahun 2015 menyampaikan bahwa : Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 51 tanggal 12 November  2015, menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Dan merenungkan kembali upaya-upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi - tingginya sebagaimana tujuan pembangunan kesehatan yang kita harapkan. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat telah dan akan melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan HKN ke-51 di tingkat Provinsi Jawa Barat berkerjasama dengan berbagai RS Pemerintah, RS Swasta dan BUMN kesehatan yang berada di kota Bandung, dilaksanakan mulai tanggal 1 s/d 29 November 2015 dengan rangkaian acara :

  • Teleconfrence Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Dengan Kab/Kota dalam kesiapan peringatan HKN 2015.

  • Seminar ilmiah :  round table 1000 hari pertama kehidupan, keamanan obat dan pangan, deteksi dini kanker, dan deteksi dini penyakit jantung.

  • Iklan layanan masyarakat melalui radio, surat kabar dan TV

  • Lomba memasak nasi goreng sehat di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat

  • Pelayanan ANC gratis oleh IBI Kab/Kota se Jabar

  • Donor darah

  • Khitanan masal

  • Penyuluhan PHBS dan gerakan cuci tangan pakai sabun

  • Jalan sehat, Senam sehat

  • Pelayanan kesehatan gratis di Car Free Day (CFD) Dago

  • Seminar berhenti merokok

  • Upacara puncak tingkat Provinsi Jawa Barat dan tingkat Kota Bandung dilaksnaakan harini ini tanggal 12 November 2015 di halaman Gedung Sate.

  • Gebyar HKN ke 51 dengan acara Fun Bike, Senam Sehat dan Pelayanan Kesehatan Gratis pada hari Minggu tanggal 29 November 2015 di halaman parkir barat Gedung Sate.

  • Kegiatan yang sama dilakukan di tingkat kabupaten/kota, Khusus untuk kabupaten kuningan melaksanakan kegiatan skrining kesehatan gigi yang diikuti oleh  5.600 anak sekolah dan mendapatkan REKOR MURI.


Selain itu pemberian penghargaan kepada pemenang Penilaian Kinerja Puskesmas berprestasi dengan hadiah uang pembinaan kepada  Juara I sebesar Rp.25.250.000,-, Juara ke II sebesar Rp.20.250.000,- dan Juara III sebesar 15.250.000,- untuk Tingkat Kota juara pertama diberikan kepada : Puskesmas Ibrahim Aji Kota Bandung, Juara ke-2 Puskesmas Mekar Wangi Kota Bogor, Juara ke-3 Puskesmas Jati Sampurna Kota Bekasi dan untuk Tingkat Kabupaten, juara pertama diberikan keapada Puskesmas Jonggol Kab Bogor, juara ke-2  Puskesmas Beber Kab. Cirebon, dan juara ke-3 Puskesmas Cihaur Kab. Kuningan.


Kemudian untuk pemberian Piagam Penghargaan Penilaian Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) kepada Juara I Kelompok TOGA Bumi Nasional Indah Kelurahan Jati Indah,Kecamatan Jati Asih Kota Bekasi, Juara Ke II, Kelompok KWT Puspasari Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Kedung Badak Kota Bogor, Jura III, Kelompok TOGA Ade Mekar Sari, Kp Prapatan Desa Tangulun Timur Kec Kalijati Kab.Subang, serta pendonor darah sebanyak 75 kali, diberikan kepada 100 orang dan diwakili oleh  Ibu Sukarsih, dan Bapak Sunardianto sebagai pendonor darah lebih dari 75 Kali.


H. Iwa Karniwa SE, Ak.MM.CA, Sekda Provinsi Jawa Barat selaku Pembina Upacara menyampaikan pidato Kemenkes dengan pokok-pokok pikiran bahwa : Tema HKN ke-51 adalah Generasi cinta sehat adalah kita semua, bangsa Indonesia dari berbagai usia, bayi, balita, anak, remaja, dewasa  dan   lansia  turut  serta  dalam  pembangunan  kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat. Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk   mewujudkan   kualitas   Hidup   Manusia   Indonesia   melalui peningkatan kualitas pendidikan, kesejahteraan dan kesehatan, maka prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015 — 2019 melalui Program Indonesia Sehat dengan 3 pilar, yaitu Paradigma Sehat, Penguatan pelayanan  kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional .


Upacara peringatan HKN ke-51 Tahun 2015 ditutup dengan penandatanganan Komitmen Gerakan Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir yang ditandatangani oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan delapan organisasi profesi kesehatan, untuk mendukung surat edaran Gubernur Jawa Barat nomor 467/36/yansos, tanggal 18 Agustus  2015, tentang “Gerakan Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Provinsi Jawa Barat”.

 


Selamat Hari Kesehatan Nasional,  "Generasi Cinta  Sehat Siap Membangun Negeri". 


Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang