Tanggal : 16 Oct 2015

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) Ke-8 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Penulis : developer
Dibaca : 4600 Kali

Print Friendly and PDF

Jum’at 16 Oktober 2015 bertempat di Halaman Parkir Barat Gedung Sate, telah dilaksanakan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Se Dunia Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015 dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan dan Ketua TP-TKK Jawa Barat Ibu Netty Prasetiyani. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretariat Daerah Jawa Barat, Perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Organisasi Profesi Kesehatan (IDI, IBI, PPNI, IAKMI), Rumah Sakit Hasan Sadikin, Tim Pembina UKS Provinsi Jawa Barat, Tim Pembina UKS Kota Bandung, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Pendidikan Kota Bandung, serta Institute for Civil Society  Development (ICSD) Foundation Provinsi Jawa Barat (Mitra PT Unilever Tbk) serta perwakilan siswa Sekolah Dasar se Kota Bandung sebanyak 800 siswa.

Kampanye HTCP merupakan kegiatan dalam rangka meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta Kondisi Sanitasi di seluruh dunia, Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada pertemuan Annual World Water Week yang berlangsung pada 17-23 Oktober 2008 di Stockholm  menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun” (HCTPS) se dunia.

Hari Cuci Tangan  Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan   oleh  PBB bekerja  sama dengan  organisasi-organisasi lainnya  baik  pihak  pemerintah  maupun swasta  untuk  menggalakkan   perilaku   mencuci  tangan dengan  sabun oleh masyarakat  sebagai upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun.

Dengan Kampanye tersebut diharapkan dapat menurunkan angka kematian anak, dimana lebih dari 5000 anak balita penderita Diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan, yang dapat  berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Mencuci  tangan dengan sabun  adalah  salah  satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan  sabun  oleh  manusia  untuk menjadi bersih dan  memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan sabun dikenal  juga sebagai salah satu upaya pencegahan  penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan seringkali  menjadi agen  yang  membawa kuman dan  menyebabkan patogen berpindah dari satu  orang  ke orang lain, baik  dengan   kontak langsung ataupun kontak  tidak  langsung (menggunakan permukaan-permukaan lain seperti  handuk, gelas). Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia dan binatang, ataupun  cairan tubuh  lain seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci  dengan  sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang  lain yang tidak sadar bahwa  dirinya  sedang ditularkan.

Di Indonesia termasuk di Jawa Barat aktifitas Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu pilar dari 5 pilar Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) selain; Stop Buang Air Besar Sembarangan, Pengolahan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga yang Aman, Pengelolaan Sampah dengan Baik dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

Berkaitan dengan permasalahan kesehatan tersebut di atas serta adanya peringatan Hari CTPS Se Dunia ke 8 tahun 2015, perlu kiranya kita mendorong seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, untuk membudayakan kebiasaan cuci tangan pakai sabun melalui Gerakan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun tingkat Provini Jawa Barat Tahun 2015. 

 

 

 

 

 

 

 

 


Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang