Tanggal : 12 Aug 2015

Workshop GIS

Penulis : developer
Dibaca : 3236 Kali

Print Friendly and PDF

Senin 10 Agustus 2015 jam 15.30 WIB, telah dilaksanakan pembukaan workshop penerapan geospasial informasi sistem (GIS)  oleh Ibu Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) drg Sulistriowati, MKM mewakili Ibu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh 30 orang peserta dari kabupaten dan lintas program Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Workshop dilaksanakan di hotel Verona Palace, Jl.Surya Sumantri no.36 Bandung selama 3 (hari) dan penutupan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 12 Agustus 2015. Pelaksana kegiatan workshop oleh Seksi Teknologi dan Informasi Kesehatan Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Materi workshop yang disampaikan oleh Narasumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG) yaitu Informasi Geospasial Untuk Mendukung Standard Pelayanan Umum didampingi oleh narasumber dari Pusat Data dan Analisa Pembangunan (Pusdalisbang) Bapeda Jawa Barat tentang Sistem Pengelolaan Data Pembangunan. Hari Kedua dan ketiga diisi dengan materi Pengantar Geospasial Informasi Sistem, Peta Tematik, Simulasi Peta Tematik, Menggabungkan Objek berdasarkan atribut (dissolve), simulasi analisis spasial yang disampaikan oleh Narasumber dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan RI.

Pemanfaatan Sistem Informasi Geospasial (SIG) dalam Kesehatan Masyarakat anatara lain memberikan pola persebaran penyakit secara geografis, analisis kecenderungan spasial dan temporal, memetakan populasi berisiko, menilai sebaran sumber daya, melakukan pemantauan terhadap penyakit atau masalah kesehatan secara berkelanjutan dan merencanakan intervensi yang akan dilakukan.

 

 

 

 

 

 


Post Terkait

Poling

Menurut anda Tampilan Web site Diskes Provinsi Jawa Barat

Sangat Baik
Baik
Sedang