Tanggal : 05 Jun 2014 10:05 Wib

Tips Pencegahan Kanker

Diposting Oleh : admin
Dibaca : 7987 kali

Print Friendly and PDF

Beberapa Tips Pencegahan Kanker

Beberapa jenis penyakit kanker sebenarnya bisa dicegah dengan peningkatan pengetahuan mengenai hal ini baik oleh dokter maupun masyarakat awam. Kita bisa mencontohkan, upaya menyehatkan masyarakat yang dicanangkan oleh Amerika Serikat. Pada tahun 2010 nanti, masyarakat Amerika Serikat menargetkan untuk menurunkan angka penderita kanker sekitar 1 / 3 melalui upaya-upaya pencegahan, seperti:

a. Kebiasaan makan makanan yang sehat
Sudah sering diinformasikan bahwa buah-buahan, sayuran dan diet rendah lemak bisa mencegah timbulnya kanker hingga 20%.

b. Aktivitas olahraga
Jalan cepat minimal 30 menit perhari dengan frekuensi 3 – 5 hari per minggu, bisa mencegah terjadinya banyak penyakit, antara lain penyakit kanker. Mengenai informasi detail cara berolahraga yang benar dan baik, bisa membaca pada buku Seri Kesehatan Keluarga sebelumnya dengan judul Penyakit Degeneratif .

c. Konsumsi alkohol
Untuk mereka yang gemar minum alkohol dan turunannya, harap memperhatikan batas toleransinya. Penyebabnya, konsumsi alkohol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit kanker payudara dan kanker saluran cerna.

d. Merokok
Rokok merupakan penyebab 1 /3 kanker yang terjadi. Rokok selain menyebabkan kanker paru, bisa juga menyebabkan kanker jenis lain, seperti penyakit kanker payudara dan kanker leher rahim.

e. Vitamin E
Konsumsi vitamin E, sebaiknya diikuti dengan konsumsi vitamin C dan vitamin A serta beberapa mineral antioksidan. Selengkapnya baca Bab 9 yang menjelaskan mengenai Jejaring Antioksidan.

f. Sunat / sirkumsisi
Wanita yang melakukan hubungan seksual dengan pria yang belum disunat mempunyai risiko yang tinggi terhadap kanker serviks.

g. Deteksi dini
Selain dicetuskan oleh zat-zat karsinogenik (yang menyebabkan kanker), ada juga kanker yang terjadi secara turun temurun atau genetik. Misalnya, kanker payudara, ovarium, dan usus. Oleh sebab itu bagi mereka yang mempunyai saudara / kerabat yang menderita jenis kanker yang disebutkan di atas, haruslah aktif memeriksakan diri (deteksi dini), agar bisa mengetahui secara cepat apakah dirinya mendapat penyakit yang sama. Anjuran yang sama juga diberikan pada mereka yang sering berganti-ganti pasangan (atau mempunyai pasangan yang melakukan hal itu), perokok, dan kegiatan berisiko meningkatkan angka kejadian kanker lainnya.

h. Hormonal
Salah satu faktor yang bisa mempermudah terjadinya penyakit kanker payudara adalah lamanya wanita terpapar dengan hormon estrogen.


Download lampiran